cerita tentang 3 orang tukang batu


Sebuah cerita tentang 3 orang tukang batu yang sedang bekerja.
Orang pertama ditanya “Pak, apa yang sedang anda Kerjakan?”

dia menjawab “Saya sedang menyusun batu bata.

Orang kedua ditanya dengan pertanyaan yang sama,
dia menjawab “Saya sedang bikin tembok.

Begitu juga orang ketiga ditanya,
dan dia menjawab “Saya sedang membangun Rumah yang paling megah di kota ini”

Nah, apa hikmah yang bisa kita ambil dari ketiga tukang batu tersebut? Tukang batu pertama tidak punya visi kedepan tentang apa yang dikerjakan. Tukang batu kedua, lebih lumayan punya visi yang lebih jauh dari yang pertama. Sedangkan tukang batu ke tiga memiliki pandangan yang sangat jauh ke depan, yaitu membuat rumah yang megah. Anda bisa bayangkan, hasil kerja yang didapat oleh tukang batu tersebut? Tukang batu ketiga akan memberikan hasil yang paling sesuai dengan keinginan yang diharapkan sang arsitek, dibanding dengan tukang batu pertama dan kedua, yaitu membangun rumah yang besar dan megah.

Pertanyaannya: Apakah Anda memiliki visi dengan apa yang anda kerjakan atau lakukan saat ini? Apakah Anda memiliki visi ke depan tentang pekerjaan, usaha, kegiatan sosial, atau kegiatan sehari-hari yang anda lakukan? Apakah terkait satu dengan yang lain? Ataukah Anda mengalir begitu saja.

Jadikanlah motivasi dari tukang batu ke tiga, raihlah kesuksesan. Jangan lupa kesuksesan datang karena direncanakan.
Bila tidak direncanakan maka kesuksesan tidak akan datang, bahkan seandainya kesuksesan datang Anda tidak akan tahu kapan waktunya. Bila Anda tidak mempersiapkan keberhasilan, maka Anda sedang mempersiapkan kegagalan bagi hidup Anda.

Karena itu mari kita menjadi bijaksana dengan memiliki tujuan dalam hidup kita, baik tujuan jangka panjang, mimpi, cita-cita dan angan-angan atau tujuan-tujuan kecil jangka pendek yang akan kita lakukan dengan teliti, dengan antusias, dengan bergairah, karena semua hal-hal kecil yang kita lakukan, kita sadari itu semua ada kaitannya dalam tujuan jangka panjang.

_joko santoso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s